Indonesia promosi pariwisata di Marathon de Paris
Indonesia mempromosikan pariwisata Indonesia serta
penyelenggaraan Jakarta Marathon yang akan digelar Oktober mendatang dalam
pameran Running Expo pada kegiatan Marathon de Paris 2013, di Paris, Perancis
baru-baru ini.
Partisipasi Indonesia
dalam acara Marathon de Paris 2013 itu juga dibuka pendaftaran bagi calon
peserta yang akan mengikuti pogram Jakarta Marathon 2013, ujar Minister
Counsellor, Arifi Saiman kepada ANTARA London, Kamis.
Dikatakannya tim
pelari marathon Indonesia yang berpartisipasi pada acara Marathon de Paris
berkekuatan 12 pelari yang mendapat dukungan semangat masyarakat Indonesia baik
saat berada lokasi `start di Champs-Elysees maupun ketika melewati kawasan
jalan protokol khususnya di sekitar Menara Eiffel dengan bendera Merah Putih
dan yel-yel khas.
Pada kegiatan
Marathon de Paris 2013, jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 50 ribu orang,
namun pada hari-H pelaksanaannya yang berpartisipasi berjumlah sekitar 38 ribu
orang.
Penyelenggaraan
Marathon de Paris juga diisi dengan Running Expo yang menghadirikan sebanyak
200 stand bertempat di exhibition hall Porte de Versaille.
Sementara dalam acara
pameran Running Expo Marathon de Paris 2013, Indonesia diwakili Amaury Sport
Organisation (ASO) selaku EO Marathon de Paris dan Ndang Mawardi selaku EO
Jakarta Marathon 2013.
Produk yang
dipamerkan berasal dari berbagai sektor usaha/industri khususnya yang berkaitan
dengan dunia olah raga lari seperti sepatu olah raga, pakaian olah raga,
minuman penunjang stamina dan lain-lain.
Temu Masyarakat
Dalam rangkaian Paris
Marathon dan Jakarta Marathon, KBRI mengelar temu masyarakat bertempat di ruang
Balai Budaya KBRI Paris yang bertema Berlari dan Berbagi (BB).
Kegiatan temu
masyarakat dibuka Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Paris dan dihadiri Wamenparekraf
Dr. Sapta Nirwandar, Direktur MICE dan Minat Khusus Kemenparekraf Rizki
Handayani.
Wamenparekraf Dr.
Sapta Nirwandar dalam acara temu masyarakat penyampaian paparan tentang dunia
kepariwisataan Indonesia, sementara partisipasi Indonesia pada Marathon de
Paris 2013 disampaikan Ketua Tim Marathon de Paris 2013 Indra W. Supriadi.
Dalam paparannya,
Wamenparekraf antara lain menyampaikan perkembangan pariwisata nasional yang
pada tahun 2012 meraih kunjungan delapan juta wisatawan mancanegara dengan
perolehan devisa sekitar sembilan milyar dollar AS.
Dalam upaya
meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia, Kemenparekraf RI
melakukan pembenahan terhadap obyek-obyek wisata unggulan yang selama ini
menjadi daya tarik wisawatan mancanegara.
Disamping itu,
pemerintah Indonesia juga terus melakukan diversifikasi destinasi dan atraksi
wisata diantaranya melalui penyelenggaraan Jakarta Marathon pada tanggal 27
Oktober mendatang.
Sementara itu, Indra
W. Supriadi yang mewakili peserta Marathon de Paris asal Indonesia menjelaskan
mengenai partisipasi Indonesia pada event-event marathon internasional seperti
Marathon de Paris pada akhir pekan.
Partisipasi tim
maratahon Indonesia mengusung semangat kepedulian sosial melalui program
Berlari untuk Berbagi (BUB), ujarnya.
Penggalangan dana
sosial melalui program "BUB" melibatkan kalangan profesional dan
entrepeneur nasional yang beberapa diantaranya menjadi partisipan reguler
event-event marathon internasional.
Sejak tahun 2009
program "BUB" telah menyalurkan bantuan kepada lebih dari 50 yayasan
sosial di Indonesia, seperti Yayasan Anak Penderita HIV/AIDS, Autis dan kanker.
sumber:
http://www.antaranews.com/berita/368334/indonesia-promosi-pariwisata-di-marathon-de-paris
Tidak ada komentar:
Posting Komentar