Kamis, 17 April 2014

Kewirausahaan

       Kewirausahaan yaitu proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya dengan menggunakan usaha dan waktu yang diperlukan, memikul resiko finansial, psikologi dan sosial yang menyertainya, serta menerima balas jasa moneter dan kepuasan pribadi. Kewirausahaan berasal dari bahasa perancis yang berarti perantara.

        Wirausahawan yaitu orang yang merubah nilai sumber daya, tenaga kerja, bahan dan faktor produksi lainnya menjadi lebih besar daripada sebelumnya dan juga orang yang melakukan perubahan, inovasi dan cara-cara baru.
3 jenis perilaku kewirausahawan :
  1. Memulai inisiatif.
  2. Mengorganisasi dan mereorganisasi mekanisme sosial/ekonomi untuk merubah sumber daya dan situasi dengan cara praktis.
  3. Diterimanya resiko dan kegagalan.


Inovasi adalah kunci penting untuk seseorang yang ingin menjadi seorang wirausahawan.

Karakteristik – karakteristik  Menurut Mc Clelland :
  • Keinginan untuk berprestasi.
  • Keinginan untuk bertanggung jawab.
  • Preferensi kepada resiko-resiko menengah.
  • Persepsi kepada kemungkinan berhasil.
  • Rangsangan oleh umpan balik.
  • Aktivitas energik.
  • Orientasi ke masa depan.
  • Keterampilan dalam pengorganisasian.
  • Sikap terhadap uang.



Karakteristik – karakteristik menurut n Ach tinggi :
  • Kemampuan Inovatif.
  • Toleransi terhadap kemenduaan (ambiguity).
  • Keinginan untuk berprestasi.
  • Kemampuan perencanaan realistis.
  • Kepemimpinan terorientasi kepada tujuan.
  • Obyektivitas.
  • Tanggung jawab pribadi.
  • Kemampuan beradaptasi.
  • Kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrator.
  • Kemampuan beradaptasi.
  • Kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrator.
3 kebutuhan dasar yang mempengaruhi pencapaian tujuan ekonomi menurut Mc Clelland :
  1. Kebutuhan untuk berprestasi (n Ach). Motivasi untuk berprestasi karena itu karyawan akan berusaha mencapai prestasi tertingginya, pencapaian tujuan tersebut bersifat realistis tetapi menantang dan kemajuan dalam pekerjaan. Contohnya , seperti wirausahawan yang ingin mendapatkan pujian dari masyarakat sebagai bentuk pengakuan terhadap prestasinya.
  2. Kebutuhan berafiliasi (n Afill). berhubungan dengan antar pribadi yang ramah dan akrab. Individu yang erat kooperatif dan penuh sikap persahabatan dengan pihak lain. Contohnya seperti, wirausahawan yang ingin memiliki hubungan baik antara wirausahawan dengan rekan kerjanya.
  3. Kebutuhan untuk berkuasa (n Pow). Kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku dalam suatu cara dimana orang – orang itu tanpa dipaksa tidak akan berperilaku demikian atau suatu bentuk ekspresi dari individu untuk mengendalikan dan mempengaruhi orang lain. Contohnya seperti, seorang pegawai yang mau di atur oleh seorang wirausahawan sehingga wirausahawan tersebut cukup berkuasa di bidang masing – masing.
 Sumber – sumber gagasan baru dalam identifikasi peluang usaha baru :

  • Konsumen.
  • Perusahaan yang sudah ada.
  • Saluran distribusi.
  • Pemerintah.
  • Penelitian dan pengembangan.
Unsur – unsur analisa pulang pokok :
  • Biaya  tetap yaitu biaya yang jumlah totalnya tetap dalam kisaran perubahan volume kegiatan tertentu. Besar kecilnya biaya tetap dipengaruhi oleh kondisi perusahaan jangka panjang, teknologi dan metode serta strategi.
  • Biaya variable yaitu biaya yang jumlah totalnya berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan.
  • Biaya total yaitu keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produksi dalam proses input output.
  • Pendapatan total.
  • Keuntungan.
  • Kerugian.
  • Titik pulang pokok.
          Waralaba yaitu hak – hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Menurut versi pemerintah, waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual  atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa. Sedangkan menurut Asosias Franchise Indonesia, waralaba adalah suatu system pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merk (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merk, nama, system, prosedur dan cara – cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Jenis waralaba terbagi menjadi dua :
  1. Waralaba luar negeri yang cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai di dunia, dan dirasakan lebih bergengsi.
  2. Waralaba dalam negeri yang juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang – orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup piranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.
Pemasaran langsung yaitu proses penyampaian pesan maupun produk kepada pelanggan, melalui berbagi media. Berikut teknik alternatife pemasaran langsung :Pemasaran langsung yaitu proses penyampaian pesan maupun produk kepada pelanggan, melalui berbagi media. Berikut teknik alternatife pemasaran langsung :
  • Periklanan terklasifikasi.
  • Periklanan display.
  • Kiriman pos langsung.
  • Katalog penjualan.
  • Pemasaran tanggapan langsung media.
Bentuk kepemilikan dibagi menjadi 3 yaitu :
  1. Pemilikan tunggal atau perorangan ( firma ) yaitu dimiliki dan dijalankan oleh satu orang, dan pemilik tidak perlu membagi laba.
  2. Kongsi yaitu ada perjanjian tertulis yang dimiliki dua orang atau lebih, umur perusahaan terbatas, pemilikan bersama atas harta, ikut serta dalam manajemen dan pembagian laba.
  3. Perusahaan perseroaan yaitu perusahaan dengan badan hukum, kewajiban pemilik saham terbatas pada jumlah saham yang dimiliki, pemilikan dapat berpindah tangan, dan eksintensi relatife lebih stabil atau permanen.
Alternatif berakhirnya usaha ada tiga yaitu :
  • Likuidasi.
  • Reorganisasi.
  • Rescheduling.
Referensi :  
  • Powerpoint Kewirausahaan.
  • www.google.com
  • http://id.m.wikipedia.org/wiki/Waralaba 

FEBBY RACHMADANIA
2 SA 05
12612845

Tidak ada komentar:

Posting Komentar