PROPOSAL (USAHA BERSAMA)
“GEROBAK GUDEG DELIVERY”
Disusun oleh :
Febby Rachmadania 12612845
Winda Ayu Prabowo 17612731
Universitas Gunadarma
2015
Table of Content
I. Latar belakang ………………………………………………………
1.1 Profil perusahaan……………………………………………..
II. Manfaat usaha ………………………………………………………
2.1 Ekonomis ………………………………………………………..
2.2 Sosial …………………………………………………………….
III. Rumusan Masalah ………………………………………………….
IV. Produk ……………………………………………………………….
V. Analisis SWOT ……………………………………………………...
5.1 Faktor internal …………………………………………………
5.2 Faktor Eksternal ……………………………………………….
VI. Rencana Usaha ………………………………………………………
VII. Analisis Pasar ………………………………………………………..
7.1 Target pasar ……………………………………………………..
7.2 Pesaing …………………………………………………………...
7.3 Sasaran pembeli …………………………………………………
VIII. Strategi Pemasaran ………………………………………………….
IX. Strategi promosi ……………………………………………………..
X. Analisis operasional …………………………………………………
10.1 Analisis aspek Finansial ..…………………………………….
10.1.1 Modal………………………………………………………………….
10.1.2 Karyawan…………………………………………………………….
10.1.3 Harga Produk
10.2 Analisis Marketing ……………………………………………
10.2.1 Penjualan…………………………………………………………..
10.2.2 Pembagian Hasil Kerja………………………………………..
i. Latar belakang
Kebutuhan masyarakat umumnya yang tinggal diperkotaan sangatlah beragam khususnya dibidang pemenuhan energi bagi tubuh, tempat makan dengan jasa pengiriman atau door to door yang kian menjamur di ibukota dengan berbagai konsep dan menu yang beragam ditawarkan kepada pengunjung. Selain itu, dengan perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan, karna pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah kami bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi karena tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, serta memiliki kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami mengembangkan usaha GEROBAK GUDEG DELIVERY ini, karena sebagian dari masyarakat sangat menyukai masakan yang berbahan dasar ayam, karena rasanya yang enak, gurih, nikmat dan bergizi. Walaupun banyak resto maupun kedai makanan yang menjual masakan serupa, tetapi perbedaan kedai dan resto yang sudah lebih dulu ada hanya rasa tanpa mementingkan kebersihan dan kenyamanan tempat bagi pengunjung. Dan dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih kami juga menyediakan delivery order atau layanan pesan - antar yang akan kami layani 24jam dimanapun dan kapanpun untuk para customer yang enggan keluar membeli GUDEG kami.
GEROBAK GUDEG DELIVERY ini gabungan antara 2 usaha yakni usaha Gudeg Ceker Jogja dan Flash Express (jasa pengiriman). Kami bekerja sama untuk menjual produk makanan delivery order yang kreatif dan inovatif. Walaupun sudah banyak resto yang menggunakan layanan pesan-antar atau delivery order. Tetapi perbedaan kami dengan delivery order lainnya adalah kami siap antar 24 jam dimanapun dan kapanpun juga kami sangat mengunggulkan cita rasa dan kebersihan produk makanan kami.
Delivery order kami memaksimalkan untuk mengantarkan produk makanan kami tepat waktu. Sangat diusahakan untuk menepati waktu yang telah disepakati. Dan juga dengan harga yang terjangkau sangat cocok untuk kalangan yang memang tidak memiliki waktu untuk memasak gudeg atau yang ingin memakan gudeg dengan cita rasa khas dari jogja. Dengan alas an dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha ini, dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepekatan kami bersama yaitu “GEROBAK GUDEG DELIVERY”. Dengan harapan pelanggan akan tertarik mengorder atau menikmati layanan pesan antar kami dalam bentuk Nasi Gudeg Box dan Gudeg kaleng cita rasa khas jogja dengan harga terjangkau.
Profil Perusahaan
Nama Usaha : GEROBAK GUDEG DELIVERY
Alamat Usaha : Jln. Jenderal sudirman no 24-25 Jakarta Pusat
No. Tlp : (021-89106857) (085717668407)
Pemilik 1 : Febby Rachmadania
Pemilik 2 : Winda Ayu Prabowo
II. MANFAAT USAHA
Bisnis usaha dibidang kuliner pesan – antar atau delivery order ini menawarkan berbagai keuntungan yang menggiurkan bagi pemilik sekaligus bagi masyarakat dan lingkungan sekitar, selain itu, pemilik usaha dapat mengurangi angka pengangguran yang meningkat akhir-akhir ini, selain manfaat yang disebutkan manfaat ekonomis dan sosial dapat menjadi perhitungan kita saat membangun usaha.
2.1 Manfaat Ekonomis
Usaha ini cukup menjanjikan, karena keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan memberikan harga yang murah tapi dengan produk yang tidak murahan dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga dan dijamin kesehatannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan tidak hanya saya sebagai pemilik tetapi bagi karyawan resto pesan antar.
2.2 Manfaat Sosial
Bagi masyarakat, dengan adanya restoran pesan – antar atau delivery order ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karena apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.
III. RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini ?
2. Apa yang menjadi keunggulan GEROBAK GUDEG DELIVERY dengan resto delivery order yang lain ?
iv. produk
Produk yang kami tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen memiliki berbagai macam varian menu yang dimiliki, seperti :
GUDEG AYAM SPESIAL (KALENG)
GUDEG CEKER SPESIAL (KALENG)
NASI BOX GUDEG AYAM DAN CEKER
Dengan memiliki berbagai macam varian menu tersebut maka pengunjung dapat memilih menu yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Produk yang kami berikan tidak menggunakan campuran bahan kimia yang berbahaya seperti formalin, wantek, dll, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh konsumen dan tidak merusak kesehatan.
V. ANALISIS SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:
5.1 Faktor internal.
Strengths (Kekuatan)
• Penyajian ala bintang lima dengan harga terjangkau dan rasa yang enak serta kebersihan serta kualitas produk yang terjaga dengan baik
• Harga yang cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
• menu yang kami sajikan ini memiliki rasa yang lebih nikmat dan gurih, karna kualitas dan kebersihannya selalu kami utamakan.
• Karena menu yang ditawarkan beragam, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.
• Perlengkapannya mudah di dapatkan.
· Weakness (Kelemahan)
• Faktor lalu lintas dalam pengiriman atau delivery order juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karena apabila jalanan kurang bersahabat seperti macet atau hujan maka akan menghambat ketepatan waktu.
• Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.
• Faktor kenaikan dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
5.2 Faktor Eksternal
Strengths (Kekuatan)
· Melihat banyaknya masyarakat yang menyukai menu masakan yang berbahan dasar ayam dan layanan pesan-antar atau delivery order maka ini bisa dijadikan alternative menu delivery order yang direkomendasikan untuk dinikmati.
· Karena menu yang ditawarkan ini bisa dinikmati oleh semua usia dari yang muda sampai yang tua, maka pasar sasarannya mencakup semua kalangan masyarakat.
Weakness (Kelemahan)
· Faktor lalu lintas jalanan juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila lalu lintas jalanan kurang mendukung maka delivery order ini akan mengalami keterlambatan waktu.
· Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.
· Faktor kenaikan dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
Vi. Rencana usaha
Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1. Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis yang saya rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah serta meningkatkan taraf pendapatan pribadi.
2. Rencana Jangka Menengah
Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya. Pelanggan ialah raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari segalanya, karena tanpa pelanggan belum tentu usaha ini akan bertahan lama. tidak lupa pula kami rajin melakukan promosi usaha kami, baik dari mulut ke mulut, media online, dan media yang lainnya.
3. Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula kami membangun relasi bisnis dengan pengusaha ayam agar kami dapat dengan mudah untuk mendapatkan bahan baku agar usaha ini tidak mengalami kendala apapun dalam penyediaan bahan baku selain itu, usaha ini akan dikembangankan tidak hanya di satu tempat tetapi ke berbagai tempat lainnya di daerah Jakarta dan sekitarnya.
vii. ANALISIS PASAR
1. Target Pasar
Segmentasi pasar sangat berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi industri maka dari itu harus di pertimbangkan dan di pikirkan dengan cermat dan waspada karena pasar merupakan salah satu tujuan dari pendistribusian usaha kami, dengan sedikit saja kelalaian dan kecerobohan dapat mengurangi penghasilan perusahaan, dan mengakibatkan banyak dampak negatif bagi perkembangan perusahaan tersebut. Maka dari itu delivery order kami memilih lokasi yang kami gunakan untuk pemasaran produk kami adalah di mulai dari pusat ibu kota Jakarta. Hal utama yang kami perhatikan dan lebih kami utamakan yaitu pelayanan, ketepatan waktu, kekuatan rasa dan kebersihan yang lebih kami utamakan dari kondisi persaingan dalam pemasaran, serta reaksi para pesaing. Selain hal tersebut di atas, dalam menentukan biaya dan laba yang diharapkan, delivery order kami mengutamakan kondisi dan orientasi pasar yang setiap waktu bisa berubah sesuai dengan keadaan selain itu, yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat, kalangan menengah ke bawah dan atas juga mahasiswa
2. Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha delivery order ini, akan tetapi di sinilah kreativitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
3. Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk makanan yang kami tawarkan, karena harga yang kami berikan pun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp. 10.000. sampai dengan Rp25.000 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
viii. strategi pemasaran
· Dengan media Internet
Promosi yang kami lakukan dengan memanfaatkan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog, LINE, dll. karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita.
· Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli ayam tobat di restoran ini.
IX. STRATEGI PROMOSI
Untuk menarik minat konsumen agar membeli menu yang ditawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
- Pada hari senin dan kamis kami memberikan potongan harga dan free ongkir (ongkos pengiriman) kepada konsumen yang berpuasa senin dan kamis.
-khusus di bulan ramadhan untuk delivery order gudeg (kaleng) dan nasi gudeg box kami akan memberikan gratis pudding dengan jumlah pembelian yang telah ditentukan
- kami juga menawarkan harga special untuk delivery order nasi gudeg box minimal dengan pemesanan 50 nasi gudeg box dengan diskon 20%
x. analisis operasional
10.1 Analisis aspek Finansial
1. Modal
a. sumber modal
1. modal sendiri : Rp. 200.000.000
2. modal dari investor : Rp. 201.000.000
* Modal awal (perlengkapan yang dapat digunakan dalam jangka panjang)
kedai serta perlengkapan masak : Rp. 50.000.000
Kaleng siap pakai : Rp.50.000.000
Kotak box : Rp. 45.000.000
2 Mobil Box : Rp. 140.000.000
10 Motor : Rp. 100.000.000
Meja 20 buah : Rp. 10.000.000
Alat WIFI buah : Rp 5.000.000
AC 4 buah : 10.000.000
2. Pegawai
Jumlah pegawai : 50 pegawai
Juru masak : 10 orang
Pengantar : 15 orang
Pegawai produksi : 15 orang
Kasir : 5 orang
Pelayan : 5 orang
3. Harga Produk
Adapun produk yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi tergantung dari rasa yang diinginkan oleh konsumen, karna macam-macam dari menu tersebut tidak sama. Adapun daftar harga
yang kami tetapkan adalah sebagai berikut:
GUDEG AYAM SPESIAL (KALENG) : Rp. 20.000
GUDEG CEKER SPESIAL (KALENG) : Rp. 20.000
NASI BOX GUDEG AYAM DAN CEKER : Rp. 18.000
PELAYANAN PESAN ANTAR :
Setiap daerah beda harga dan harga sudah ada di proposal Flash express sebelumnya , pelayanan ini khusus pengiriman Gudeg Ayam Spesial ( KALENG) dan Gudeg Ceker Spesial (KALENG).
Untuk pelayanan nasi box hanya di sekitar daerah tempat kami berada dan harga akan disesuaikan dengan berapa box yang akan di beli oleh pelanggan melalui via telepon.
10.2 Analisis Marketing
· Penjualan
Penjualan dilakukan setiap hari, biasanya dilakukan dari pagi hingga malam hari, 24 jam tergantung dari bahan baku yang tersedia. Kami juga menerima pesanan dalam jumlah kecil dan besar. Seperti untuk catering nasi box dan lainnya.
· Pembagian hasil kerja
Usaha GEROBAK GUDEG DELIVERY merupakan usaha bersama yang dirintis bersama-sama dengan menggunakan modal awal dengan cara patungan maka dari itu keuntungan juga kami bagikan untuk para investor yang menanamkan modal di tempat usaha kami ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar